Mengetik Cepat dengan 10 Jari

Mengetik Cepat dengan 10 Jari

Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang berimbas pada Dinas Pendidikan dengan hadirnya berbagai program, aplikasi dan pendataan khususnya bagi Lembaga Pendidikan, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, maka ditekankan para PTK untuk mampumenguasai dunia komputer dan informasi.
Segala data, arsif dan laporan-laporan sekarang ini selalu diakses lewat internet sebagai contoh NUPTK, Dapodik atau Padamu Negeri Kemendiknas. Untuk PTK yang masih awam terhadap komputer tentunya ini akan menghambat pada proses pengiriman berkas, jika pendataannya terhambat bahkan tidak sama sekali, maka kemungkinan akhir para PTK tersebut akan kehilangan berbagai bentuk informasi bahkan tunjangan profesinya. Tentunya ini sangat tidak diharapkan.
Melihat kenyataan di atas, maka para PTK yang belum menguasai teknologi komputer dan informasi sesegera mungkin menyiapkan diri salah satunya berlatih mengetik.
Mengetik adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk menyampaikan dan menuliskan sesuatu kata/kalimat pada lembaran kertas ataupun layar monitor (PC), kini mengetik dengan cepatmerupakan suatu hal yang diharuskan untuk menunjang kegiatan sehari-hari agar pekerjaan cepat selesai. untuk itu kita harus SIAP menyisihkan waktu dan tenaga untuk terus belajar dan berlatih mengetik dengan cara membiasakan jari-jari kita menekan tombol-tombol tertentu pada keyboard.
Di bawah ini saya mencoba menulis bagaimana cara-cara mengetik dengan 10 jari yang dilengkapi dengan aplikasinya dengan harapan dapat membantu bagi para PTK Padamu Negeri yang awam atau berstatus pemula terhadap komputer.
Sedikit catatan tambahan dari terbaik-indonesia.com, mengetik merupakan metode penggabungan dari teknik serta kebiasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Oleh karenanya Anda bisa mengembangkannya sendiri dengan teknik yang Anda miliki jika sekiranya dirasa cukup nyaman dan tidak mengganggu koordinasi pergerakan jari jemari Anda.

MENGETIK CEPAT DENGAN 10 JARI

  • Rahasia belajar mengetik cepat dengan 10 jari yang pertama adalah selalu memastikan jari telunjuk kanan Anda berada pada huruf J sedangkan telunjuk jari kiri berada pada huruf F. Hal ini merupakan kunci utama teknik mengetik cepat karena tombol pada huruf J dan F memiliki tekstur tonjolan seperti bentuk underscore ( _ ) yang bisa Anda rasakan. Tonjolan tersebut bisa dikatakan sebagai alat “navigasi” jari yang menjadi “pakem” atau aturan utama dalam mengetik. Selalu pastikan kedua jari telunjuk Anda berada disana (lihat gambar).
Papan ketik efullama
  • Pada gambar di atas, jari-jari pada tangan kiri terdapat huruf ASDF (sejajar) menjadi home row keys yang artinya Anda harus selalu memposisikan jari-jari tangan kiri selalu berada pada huruf-huruf tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk jari-jari tangan kanan yang juga harus selalu berada dalam posisi huruf JKL; (sejajar) yang mana setelah Anda menekan huruf-huruf lain, maka Anda harus mengembalikan jari-jari Anda ke posisi semula (posisi awal). Untuk ibu jari baik tangan kiri atau kanan diposisikan pada tpmnol spacebar.
  • Pada papan ketik diberi tanda dengan warna yang berderet ke atas secara miring. Ini menunjukkan wilayah tombol yang akan di tik per satu jarinya. Contoh untuk jari telunjuk kiri, berfungsi menekan tombol-tombol huruf VFR4 BGT5, atau jari manis tangan kanan, ini berfungsi menekan tombol huruf .LO9, dan jajari-jari yang lainnya.
  • Hafalkan barisan huruf-huruf yang ada pada tombol keyboard dan kemudian aplikasikan dalam sebuah bentuk latihan sederhana misalnya dengan mengetik kombinasi huruf-huruf sesuai dengan fungsi jari-jari tangan sebelah kiri dan kanan. Sebuah contoh sederhana adalah mengetikkan QWER ASDF GTBN atau HJKL OIUY NMJH dll.. Selain untuk melatih ingatan Anda terhadap letak-letak huruf, cara ini juga mempermudah Anda untuk melatih gerakan jari-jari tangan agar tidak kaku. Setelah lancar maka latihan bisa dilanjutkan dengan menghafal letak posisi special character seperti :”>’. Angka-angka, ataupun berupa kata.  
  • Ketika posisi tangan telah siap mengetik, lakukanlah mengetik sesuatu yang anda ingin ketik secara berulang-ulang agar lebih terbiasa menggunakan jari-jarinya mengetik sesuai dengan abjad. untuk latihan coba anda ketikkan contoh kata-kata ini secara berulang-ulang: ASDFJKL; ASDFJKL; ASDFJKL; ASDFJKL; ASDFJKL;  QWERTY; UIOP QWERTY;  UIOP QWERTY UIOP; ZXCV BNM,. . ZXCV BNM (10 x).
  • Setelah Anda berhasil mengingatnya, kini tiba waktunya Anda berlatih membuat rangkaian kalimat-kalimat  dengan mengetiknya pada  program aplikasi Ms. Office Word  dan bahan untuk latihan bisa Anda dapatkan dari teks majalah, koran, tabloid dan lain sebagainya, atau dapat pula melalui lantunan lagu dengan ritme yang lambat (sebagai bahan dikte dan kita mengetik syair-syairnya). Lakukan selama 30 menit setiap harinya dengan bahan materi yang berbeda-beda dan kemudian lihat hasilnya. Dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan pasti Anda sudah bisa mengetik dengan lincah.
..
Untuk semakin mempercepat proses belajar mengetik yang Anda lakukan, Anda juga bisa menggunakan beberapa program aplikasi mengetik dengan cepat. Untuk mendapatkannya secara online dapat langsung mengunjungi 3 situs di bawah ini:
www RapidTyping.com
rapid typing mengetik.
Papan Ketik cara efullama

Software ini bisa melatih kita untuk bisa mengetik   dengan lebih cepat dan akurat. Software ini memiliki tampilan yang berwarna-warni, mungkin tujuannya agar kita bisa memaksimalkan proses latihan mengetik kita. Ya..beberapa kalangan menganggap bahwa ada hubungan antara penggunaan warna dalam meningkatkan memori otak kita saat melakukan sesuatu.

Rapid Typing Tutor memiliki virtual keyboard yang dilengkapi dengan animasi pergerakan tangan, tracking kecepatan dan keakurasian mengetik, serta fitur yang bisa anda gunakan untuk membuat lesson anda sendiri.

.
Software ini memiliki klasifikasi kurang lebih sebagai berikut :
  1. Software ini sangat ringan, hanya sekitar 4 Mb dan sangat ringan untuk dijalankan baik di komputer PC maupun di laptop.
  2. Support di hampir semua windows version
  3. Memiliki beberapa pilihan bahasa, anda bisa mengaturnya pada saat penginstalan atau setelah penginstalan.
  4. Malatih anda dalam peletakan jari pada posisi huruf yang benar, maksudnya anda akan ditunjukkan posisi jari apa yang akan melakukan ketukan pada huruf tertentu, misalnya huruf a (jari kelingking kiri), huruf d (jari tengah kiri), huruf j (jari telunjuk kanan) dan sebagainya. Hal ini akan ditandai dengan perubahan warna pada jari dan huruf yang akan diketik.
  5. Model keyboard bisa disesuaikan dengan PC atau laptop anda pada menu setting.
  6. Latihan terdiri dari beberapa tingkatan yang akan melatih anda hingga mahir mengetik cepat dengan 10 jari.
  7. Software ini juga dilengkapi dengan statistik dan jurnal keberhasilan anda. sehingga anda akan tahu sejauh mana perkembangan anda.
  8. Software ini sangat simpel dan bisa dipelajari oleh siapa saja.
  9. Dan yang terakhir, software ini efullama gratiskan untuk anda.. hxhxhx

Share this video :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pustaka Miis Jatigede - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger