BAB SHOLAT
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 1
Butir Soal :
Shalat diawali dengan
a. Berdoa
b. Salam
c. Takbiratul ikhram
Kunci Jawaban : C (Takbiratul ikhram )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 11
Butir Soal :
Shalat diakhiri dengan
a. Berdoa
b. Salam
c. Takbiratul ikhram
Kunci Jawaban : B (Salam )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 4
Butir Soal :
Shalat dalam arti bahasa adalah
a. Doa
b. Salam
c. Takbiratul ikhram
Kunci Jawaban : A (Doa )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 6
Butir Soal :
Shalat dalam arti Istilah adalah
a. Suatu perbuatan yang diawali dengan salam dan diakhiri dengan takbiratul ikhram
b. Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam
c. Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram saja tanpa salam
Kunci Jawaban : B (Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 2
Butir Soal :
Shalat harus sesuai antara gerakan dan..
a. Bacaannya
b. Niyatnya
c. Tujuannya
Kunci Jawaban : A (Bacaannya )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Pengertian shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
Nomor Soal : 7
Butir Soal :
Gerakan shalat tidak benar maka shalatnya
a. diterima
b. diulangi
c. ditolak atau batal
Kunci Jawaban : C (ditolak atau batal)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat wajib sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan syarat wajib sholat fardhu
Nomor Soal : 5
Butir Soal :
Yang termasuk syarat wajib sholat adalah
a. Menghadap kiblat
b. Berakal sehat
c. Membaca doa
Kunci Jawaban : B (berakal sehat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat wajib sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan syarat wajib sholat fardhu
Nomor Soal : .9
Butir Soal :
Anak kecil belum wajib sholat karena belum
- Baliq
- Mau
- Mampu
Kunci Jawaban : A ( Baliq )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat wajib sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan syarat wajib sholat fardhu
Nomor Soal : .20
Butir Soal :
Orang yang tidak wajib sholat adalah
- Karena sakit
- Orang Islam
- Hilang Akal
Kunci Jawaban : A (Hilang Akal )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat wajib sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan syarat wajib sholat fardhu
Nomor Soal : 18
Butir Soal :
Umur Farida sekarang sembilan tahun maka Farida wajib sholat karena sudah
- Besar badannya
- Baliq
- Kuat
Kunci Jawaban : B (Baliq )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat sah sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat sah sholat fardhu
Nomor Soal : 10
Butir Soal :
Orang yang tanpa berwudhu maka shalatnya tidak diterima Allah karena
a. Syarat sahnya tidak dipenuhi
b. Syarat wajibnya tidak dipenuhi
c. Rukun sholat tidak dipenuhi
Kunci Jawaban : A ( Syarat sahnya tidak dipenuhi )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat sah sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat sah sholat fardhu
Nomor Soal : .12
Butir Soal :
Yang termasuk syarat sah sholat adalah
a. Beragama islam
b. Menghadap kiblat
c. Baliq
Kunci Jawaban : B ( Menghadap kiblat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat sah sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat sah sholat fardhu
Nomor Soal : 3
Butir Soal :
Yang termasuk syarat sah sholat adalah
a. Beragama islam
b. Baliq
c. Menutupi aurat
Kunci Jawaban : C (Menutupi aurat)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat sah sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat sah sholat fardhu
Nomor Soal : .14
Butir Soal :
Suci badan, pakain, tempat dalam sholat termasuk
a. Rukun sholat
b. Syarat Sah shalat
c. Sunah shalat
Kunci Jawaban : B (Syarat Sah shalat)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat sah sholat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat sah sholat fardhu
Nomor Soal : .16
Butir Soal :
Ali salat sambil makan permen, shalat Ali tidak sah karena
a. Kurang syarat sah
b. Kurang syarat wajib
c. Kurang rukunnya
Kunci Jawaban : A ( kurang Syarat Sah )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun Shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Rukun Shalat fardhu
Nomor Soal : .17
Butir Soal :
Yang termasuk rukun shalat adalah
a. Membaca surat pendek
b. Salam yang kedua
c. Niat sholat
Kunci Jawaban : C (Niat sholat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun Shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Rukun Shalat fardhu
Nomor Soal : .13
Butir Soal :
Membaca Surat al fatihah dalam sholat termasuk
a. Rukun shalat
b. Syarat wajib shalat
c. Sunnah sholat
Kunci Jawaban : A (Rukun shalat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun Shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Rukun Shalat fardhu
Nomor Soal : .19
Butir Soal :
Membaca Salam yang pertama termasuk
a. Sunnah sholat
b. Rukun shalat
c. Syarat wajib shalat
Kunci Jawaban : B (Rukun shalat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun Shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Rukun Shalat fardhu
Nomor Soal : .8
Butir Soal :
Ruku beserta tuma’ninah dalam sholat termasuk
a. Sunnah sholat
b. Syarat wajib shalat
c. Rukun shalat
Kunci Jawaban : C (Rukun shalat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun Shalat fardhu
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Rukun Shalat fardhu
Nomor Soal : .15
Butir Soal :
Iktidal beserta tuma’ninah dalam sholat termasuk
a. Sunnah sholat
b. Rukun shalat
c. Syarat wajib shalat
Kunci Jawaban : B(Rukun shalat )
SOAL ULANGAN HARIAN
Nama : ………………………………… Bentuk Soal : PG 20 Soal ( abc)
Kelas :……………………………….. Bentuk Penilaian : Tes Tulis /
Mata Pelajaran : Fiqih Semester : I
NILAI : …………………..
I. Berilah tanda silang pada jawaban a,b,c yang paling benar
1. Shalat diawali dengan………..
a. Berdoa b. Salam c. Takbiratul ikhram
2. Shalat harus sesuai antara gerakan dan..
a. Bacaannya b. Niyatnya c. Tujuannya
3. Yang termasuk syarat sah sholat adalah
- Beragama islam b. Baliq c. Menutupi aurat
4. Shalat dalam arti bahasa adalah
a. Doa b. Salam c. Takbiratul ikhram
5. Yang termasuk syarat wajib sholat adalah
a. Menghadap kiblat b. Berakal sehat c. Membaca doa
6. Shalat dalam arti Istilah adalah
a. Suatu perbuatan yang diawali dengan salam dan diakhiri dengan takbiratul ikhram
b. Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam
c. Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram saja tanpa salam
7. Gerakan shalat tidak benar maka shalatnya
a. Diterima b. diulangi c. ditolak atau batal
8 Ruku beserta tuma’ninah dalam sholat termasuk
- Sunnah sholat b. Syarat wajib shalat c. Rukun shalat
9. Anak kecil belum wajib sholat karena belum
a. Baliq b. Mau c. Mampu
10. Orang yang tanpa berwudhu maka shalatnya tidak diterima Allah karena
a. Syarat sahnya tidak dipenuhi b. Syarat wajibnya tidak dipenuhi
c. Rukun sholat tidak dipenuhi
11. Shalat diakhiri dengan
a. Berdoa b. Salam c. Takbiratul ikhram
12. Yang termasuk syarat sah sholat adalah
- Beragama islam b. Menghadap kiblat c. Baliq
13. Membaca Surat al fatihah dalam sholat termasuk
- Rukun shalat b. Syarat wajib shalat c. Sunnah sholat
14. Suci badan, pakain, tempat dalam sholat termasuk
- Rukun sholat b. Syarat Sah shalat c. Sunah shalat
15. Iktidal beserta tuma’ninah dalam sholat termasuk
a.Sunnah sholat b. Rukun shalat c. Syarat wajib shalat
16. Ali salat sambil makan permen, shalat Ali tidak sah karena
- Kurang syarat sah b. Kurang syarat wajib c. Kurang rukunnya
17. Yang termasuk rukun shalat adalah
- Membaca surat pendek b. Salam yang kedua c. Niat sholat
18. Umur Farida sekarang sembilan tahun maka Farida wajib sholat karena sudah
- Besar badannya b. Baliq c. Kuat
19. Membaca Salam yang pertama termasuk
- Sunnah sholat b. Rukun shalat c.Syarat wajib shalat
20. Orang yang tidak wajib sholat adalah
a. Karena sakit b. Orang Islam c. Hilang Akal
1. Kunci Jawaban : C (Takbiratul ikhram)
2Kunci Jawaban : A (Bacaannya )
3. Kunci Jawaban : C (Menutupi aurat)
4. Kunci Jawaban : A (Doa )
5. Kunci Jawaban : B (berakal sehat )
6. Kunci Jawaban : B (Suatu perbuatan yang diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam )
7. Kunci Jawaban : C (ditolak atau batal)
8 Kunci Jawaban : C (Rukun shalat )
9. Kunci Jawaban : A ( Baliq )
10. Kunci Jawaban : A ( Syarat sahnya tidak dipenuhi )
11Kunci Jawaban : B (Salam )
12. Kunci Jawaban : B ( Menghadap kiblat )
13. Kunci Jawaban : A (Rukun shalat )
14. Kunci Jawaban : B (Syarat Sah shalat)
15. Kunci Jawaban : B(Rukun shalat )
16 Kunci Jawaban : A ( kurang Syarat Sah )
17. Kunci Jawaban : C (Niat sholat )
18 Kunci Jawaban : B (Baliq )
19. Kunci Jawaban : B (Rukun shalat )
20. Kunci Jawaban : C (Hilang Akal )
SOAL ULANGAN HARIAN
Nama : ………………………………… Bentuk Soal : Uraian 5
Kelas :……………………………….. Bentuk Penilaian : Tes Tulis /
Mata Pelajaran : Fiqih Semester : I
NILAI : …………………..
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan Benar
21. Sebutkan syarat wajib shalat?......................................................................................................
22. Sebutkan syarat sah sholat?........................................................................................................
23. Sebutkan rukun sholat?...............................................................................................................
24. Sebutkan yang membatalkan shalat?...........................................................................................
25. Sebutkan batas-batas aurot laki-laki dan perempuan?.................................................................
Kunci Jawaban
21 Islam, Baliq, Berakal ( Skor 3 )
22. Jawab ( skor 5 )
1. Suci dari hadast besar dan kecil
2. Suci badan, pakaian dan tempat
3. Menutupi aurat
4. Mengahadap kiblat
5. Sudah masuk waktunya sholat
23. jawab ( skor 12 )
1. Niat
2. Berdiri
3. Membaca takbiratul Ihram
4. Mambaca surat Al fatihah
5. Ruku serta tuma’ninah
6. I’tidal serta tuma’ninah
7. Sujud serta tuma’ninah
8. Duduk diantar dua sujud serta tuma’ninah
9. Duduk terakhir
10. Membaca tasyahud akhir
11. Membaca shalawat atas nabi Muhammad SAW duduk yang terakhir
12. Salam dan tertib
24. jawab ( skor 6)
1. Syarat sah shalat tidak dipenuhi
2. Rukun shalat tidak dipenuhi
3. Segala berbuat sesuatu yang membatalkan sholat
25. Jawab ( skor 4)
- Aurat bagi laki-laki lutul sampai pusar
- Aurat bagi perempuan seluruh anggota kecuali wajah dan telapak tanggan
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat wajib shalat
Indikator : Siswa dapat menidentifikasikan Syarat wajib shalat shalat fardhu
Nomor Soal : 21
Butir Soal : Sebutkan syarat wajib sholat
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
21
|
Islam
Baliq
Berakal
|
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
3
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat syah shalat
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat syah shalat shalat shalat fardhu
Nomor Soal : 22
Butir Soal : Sebutkan syarat syah shalat sholat
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
22
|
Suci dari hadast besar dan kecil
Suci badan, pakaian dan tempat
Menutupi aurat
Mengahadap kiblat
Sudah masuk waktunya sholat
|
1
1
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
5
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Rukun shalat
Indikator : Siswa dapat menidentifikasikan Rukun shalat fardhu
Nomor Soal : 23
Butir Soal : Sebutkan syarat Rukun shalat
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
23
|
Niat
Berdiri
Membaca takbiratul Ihram
Mambaca surat Al fatihah
Ruku serta tuma’ninah
I’tidal serta tuma’ninah
Sujud serta tuma’ninah
Duduk diantar dua sujud serta tuma’ninah
Duduk terakhir
Membaca tasyahud akhir
Membaca shalawat atas nabi Muhammad SAW duduk yang terakhir
Salam dan tertib
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
12
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat syah shalat
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat syah shalat shalat shalat fardhu
Nomor Soal : 24
Butir Soal : Sebutkan yang membatalkan sholat
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
24
|
Syarat sah shalat tidak dipenuhi
Rukun shalat tidak dipenuhi
Segala berbuat sesuatu yang membatalkan sholat
|
2
2
2
|
Jumlah skor maksimal
|
6
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Uraian
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mempraktekan Sholat Fardhu
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan tatacara shalat fardhu
Materi : Syarat syah shalat
Indikator : Siswa dapat menjelaskan Syarat syah shalat shalat shalat fardhu
Nomor Soal : 25
Butir Soal : Sebutkan batas-batas aurat laki-laki dan perempuan
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
25
|
Aurat bagi laki-laki lutul sampai pusar
Aurat bagi perempuan seluruh anggota kecuali wajah dan telapak tanggan
|
2
2
|
Jumlah skor maksimal
|
4
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 1
Butir Soal :
Adzan adalah kalimat ……berisi pujian kebesaran Allah
- Tayibah
- Permintaan
- Berita
Kunci Jawaban : A (Tayibah)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 3
Butir Soal :
Adzan juga sebagai tanda … untuk melaksanakan sholat berjamaaah
a. ada bahaya
b.Permintaan
c. Panggilan
Kunci Jawaban : C (Panggilan)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 5
Butir Soal :
Iqomah dibaca tanda bahwa sholat akan ….
a. di akhiri
b.di mulai
c. di bubarkan
Kunci Jawaban : B (di mulai)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 7
Butir Soal :
Adzan dan iqomah harus menggunakan bahasa….
a. Arab
b. Indonesia
c. Inggris
Kunci Jawaban : A (Arab)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 9
Butir Soal :
Yang pertama kali mengumandangkan adzan adalah sahabat nabi yaitu
a. Abu bakar
b.Umar binkhattab
c. Sahabat bilal
Kunci Jawaban : C (Sahabat Bilal)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 2
Butir Soal :
Hukum mengumandangkan adzan dan iqomah adalah…
a. Wajib
b. Sunah
c. Makruh
Kunci Jawaban : B (Sunnah)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal :
Butir Soal :
Orang mengumandangkan adzan disebut …
a. Muadzin
b. Khottib
c. Imam
Kunci Jawaban : A (Muadzin)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 6
Butir Soal :
Adap yang harus diperhatikan seo rang adzan adalah…
a. Berdiri menghadap kiblat
b. pakain yang kotor
c. Suara yang jelek
Kunci Jawaban : A (Berdiri menghadap kiblat )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 8
Butir Soal :
Sehari semalam dikumandangkan adzan sebanyak …… kali
a. 3 klai
b. 4 kali
c. 5 kali
Kunci Jawaban : C (lima )
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 10
Butir Soal :
Iqomah dibaca ….adzan
a. Sebelun
b. Sesudah
c. Ketika
Kunci Jawaban : B (Sesudah)
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 11
Butir Soal : Sebutkan waktu-waktu Adzan
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
11
|
Dhuhur
Ashar
Magrib
Isya’
Subuh’
|
1
1
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
5
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 12
Butir Soal : Sebutkan adab Adzan
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
12
|
Berpakaian rapi dan sopan
Menghadap kiblat
Mengeraskan suaranya
Melambatkan bacaan dari tiap-tiap lafat azdan
Baik mengucapkan makhrarnya
Menutup telinga dengan anak jari
|
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
6
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 13
Butir Soal : Sebutkan syarat-sayat muadzin
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
13
|
Beragama Islam
Berakal sehat
Telah mumayis
Menutup aurat
Memilki kefasihan bacaan
Hanya mengharap ridho Allah
Suci dari hadast besar dan kecil
Suci pakaian dan tempat
|
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
8
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 14
Butir Soal : Adzan merupkan tanda masuknya
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
14
|
Waktu Sholat bisa di mulai
|
2
|
Jumlah skor maksimal
|
2
|
KARTU SOAL ULANGAN HARIAN
Satuan pendidikan : MI Ihyaul Ulum
Mata Pelajaran : Fiqih
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Standar Kopentensi : Mengenal Adzan dan Iqomah
Kompetensi Dasar : Menyebutkan ketentuan Adzan dan Iqomah
Materi : Bacaan Azdan dan Iqomah
Arti bacaan Adzan dan Iqomah
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian Adzan dan Iqomah
Nomor Soal : 15
Butir Soal : Adzan bisa dikumandangkan dimana saja sebutkan 3 tempat
No
|
Alternatif Jawaban
|
Skor
|
15
|
Masjid
Di rumah
Di lapangan
|
1
1
1
|
Jumlah skor maksimal
|
3
|
SOAL ULANGAN HARIAN
Nama : ………………………………… Bentuk Soal : PG 10 soal
Kelas :……………………………….. Bentuk Penilaian : Tes Tulis /
Mata Pelajaran : Fiqih Semester : I
No Absen NILAI : …………
I. Berilah tanda silang pada jawaban a,b,c yang paling benar
1. Adzan adalah kalimat ……berisi pujian kebesaran Allah
a.Tayibah b. Permintaan c. Berita
2. Hukum mengumandangkan adzan dan iqomah adalah…
a. Wajib b. Sunah c. Makruh
3. Adzan juga sebagai tanda … untuk melaksanakan sholat berjamaaah
a. ada bahaya b.Permintaan c. Panggilan
4. Orang mengumandangkan adzan disebut …
a. Muadzin b. Khottib c. Imam
5. Iqomah dibaca tanda bahwa sholat akan ….
a. di akhiri b.di mulai c. di bubarkan
6. Adap yang harus diperhatikan seo rang adzan adalah…
a. Berdiri menghadap kiblat b. pakain yang kotor c. Suara yang jelek
7. Adzan dan iqomah harus menggunakan bahasa….
a. Arab b. Indonesia c. Inggris
: 8. Sehari semalam dikumandangkan adzan sebanyak …… kali
a. 3 klai b. 4 kali c. 5 kali
9. Yang pertama kali mengumandangkan adzan adalah sahabat nabi yaitu
a. Abu baker b.Umar binkhattab c. Sahabat bilal
10. Iqomah dibaca ….adzan
a. Sebelun b. Sesudah c. Ketika
Kunci Jawaban
1. Kunci Jawaban : A.Tayibah
2. Kunci Jawaban : B (Sunnah)
3.Kunci Jawaban : C (Panggilan)
4. Kunci Jawaban : A (Muadzin)
5. Kunci Jawaban : B (di mulai)
6. Kunci Jawaban : A (Berdiri menghadap kiblat )
7. Kunci Jawaban : A (Arab)
8. Kunci Jawaban : C (lima )
9. Kunci Jawaban : C (Sahabat Bilal)
10 Kunci Jawaban : B (Sesudah)
SOAL ULANGAN HARIAN
Nama : ………………………………… Bentuk Soal : Uraian 5 soal
Kelas :……………………………….. Bentuk Penilaian : Tes Tulis /
Mata Pelajaran : Fiqih Semester : I
No Absen NILAI : …………
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Sebutkan waktu-waktu Adzan………………………………………………………………….
2. Sebutkan Adab-adzan…………………………………………………………………………..
3. Sebutkan Syarat-syarat Muzdin……………………………………………………………….
4. Adzan merupakan tanda masuknya…………………………………………………………….
5. Adzan bisa dikumandangkan dimana saja sebutkan 3 tempat………………………………….
Kunci Jawaban.
1. ( SKOR 5)
Dhuhur
Ashar
Magrib
Isya’
Subuh’
2. ( SKOR 6)
Berpakaian rapi dan sopan
Menghadap kiblat
Mengeraskan suaranya
Melambatkan bacaan dari tiap-tiap lafat azdan
Baik mengucapkan makhrarnya
Menutup telinga dengan anak jari
3. ( SKOR 8)
Beragama Islam
Berakal sehat
Telah mumayis
Menutup aurat
Memilki kefasihan bacaan
Hanya mengharap ridho Allah
Suci dari hadast besar dan kecil
Suci pakaian dan tempat
4. (SKOR ) 2) Waktu Sholat bisa di mulai
5. (SKOR 3)
Masjid
Di rumah
Di lapangan
Posting Komentar