SEPULUH
KEMAMPUAN DASAR GURU
Setiap pengajar adalah sosok tauladan
bagi sebagian siswa/murid terutama untuk guru yang mengajar secara tatap muka
maupun guru yang dari lembaga Madrasah lain. Oleh karena itu setiap individu
seorang guru harus tertanam kepribadian yang sesuai dengan norma dan ketentuan
sebagai pendidik. Berikut ini adalah ketentuan dasar yang harus dimiliki oleh
guru, sehingga dapat dijadikan sebagai tauladan bagi siswa/murid.
I.
MENGEMBANGKAN
KEPRIBADIAN
1. Bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa
2. Berperan dalam masyarakat sebagai warga negara yang berjiwa Pancasila
3. Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersayaratkan bagi jabatan guru
2. Berperan dalam masyarakat sebagai warga negara yang berjiwa Pancasila
3. Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersayaratkan bagi jabatan guru
II.
MENGUASAI
LANDASAN PENDIDIKAN
1. Mengenal tujuan
pendidikan untuk pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
2. Mengenal sekolah dalam masyarakat
3. Mengenal prinsip-prinsip psikologi Pendidikan yang dapat dimanfaatkan pendidkan dalam PBM
2. Mengenal sekolah dalam masyarakat
3. Mengenal prinsip-prinsip psikologi Pendidikan yang dapat dimanfaatkan pendidkan dalam PBM
III.
MENGUASAI
BAHAN PENGAJARAN
1. Menguasai bahan
pengajaran kurikulum
2. Menguasai bahan pengajaran
2. Menguasai bahan pengajaran
IV.
MENYUSUN
PROGRAM PENGAJARAN
1. Menetapkan tujuan
pembelajaran kurikulum
2. Memilih dan mengembangkan bahan pengajaran
3. Memilih dan mengembangkan strategi belajar mengajar
4. Memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai
5. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar
2. Memilih dan mengembangkan bahan pengajaran
3. Memilih dan mengembangkan strategi belajar mengajar
4. Memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai
5. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar
V.
MELAKSANAKAN
PROGRAM PENGAJARAN
1. Menciptakan iklim
belajar mengajar yang sehat
2. Mengatur ruang beajar
3. Mengelola interaksi belajar mengajar
4. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar
2. Mengatur ruang beajar
3. Mengelola interaksi belajar mengajar
4. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar
VI.
MENILAI
HASIL DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG TELAH DILAKSANAKAN
1. Menilai prestasi murid
untuk kepentingan pengajaran
2. Menilai proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan
2. Menilai proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan
VII.
MENYELENGGARAKAN
PROGRAM BIMBINGAN
1.
Membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar
2. Membimbing siswa yang kelainan dan berbakat khusus
3. Membimbing siswa untuk menghargai pekerjaan di masyarakat
2. Membimbing siswa yang kelainan dan berbakat khusus
3. Membimbing siswa untuk menghargai pekerjaan di masyarakat
VIII. MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH
1. Mengenal
pengadministrasian kegiatan sekolah
2. Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
2. Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
IX.
BERINTERAKSI
DENGAN SEJAWAT DAN MASYARAKAT
1. Berinteraksi dengan
sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesioanal
2. Berinteraksi dengan masyarakat untuk penuaian misi sekolah
2. Berinteraksi dengan masyarakat untuk penuaian misi sekolah
X.
MENYELENGGARAKAN
PENELITIAN SEDERHANA UNTUK KEPERLUAN PENGAJARAN
1. Mengkaji konsep dasar
penelitian ilmiah
2. Melaksanakan Penelitian sederhana
2. Melaksanakan Penelitian sederhana
+ komentar + 2 komentar
Apakah bisa dikembangkan lagi.......
padahal kita tahu bahwa guru adalah bapak bagi siswa yang bertugas untuk mendidik jiwa siswa.
Casino Promo Code, Coupons and Codes - JtmHub
› promos 양주 출장안마 › promos The 과천 출장안마 online 익산 출장샵 Casino Promo 춘천 출장안마 Code for 2021: The latest coupon codes & promo codes at JTM 오산 출장안마 Hub. Get $20 in Promo Money.
Posting Komentar